Jumat, 04 April 2014

Sistem Imunitas Alami


Sistem Imunitas Alami Manusia

Sistem Imunitas Alami Manusia

Sistem Imunitas Alami

Sistem imunitas alami manusia adalah sistem pertahan tubuh yang ada sejak manusia dilahirkan. Sistem pertahanan ini berfungsi untuk melawan semua agen yang dapat mengganggu fungsi organ.
Sel efektor dari sistem imunitas alami manusia adalah netrofil dan makrofag. Sel ini bersifat fagositik artinya dapat menghancurkan mikroorganisme pengganggu. Selain sel, plasma protein juga memiliki peranan penting dalam sistem pertahanan tubuh alami.
Sistem Imunitas AlamiSistem ini bersifat non-spesifik, dimana akan melawan semua molekul asing yang terletak pada dinding sel. Dalam menjalankan fungsinya, sel efektor akan dibantu oleh plasma protein membrane yang disebut toll-like receptors (TLRs). TLRs dapat mengenali patogen melalui molekul asing tersebut. Dengan kata lain toll-like receptors adalah “mata” dari sistem imunitas alami tubuh manusia. Pengenalan oleh TLRs ini amat penting, karena dapat membedakan molekul mana yang asing, dan molekul mana yang normal. Setelah TLRs mengenai suatu molekul asing, dia akan menginformasikan sel efektor untuk menghancurkan molekul tersebut dan merangsang sel efektor mengeluarkan suatu mediator kimiawi yang memicu suatu proses inflamasi. Inflamasi ini merupakan suatu respon alami penting pada invasi mikroorganisme jahat.
Sistem imunitas alami memberikan pertahan terhadap molekul asing dengan cepat namun tidak spesifik. Sistem ini dapat menahan invasi mikroorganisme jahat sebelum sistem imunitas didapat –yang bersifat lebih spesifik- datang dan menghancurkan total mikroorganisme tersebut.
Secara garis besar, sistem imunitas alami manusia meliputi:
  1. Inflamasi. Inflamasi merupakan suatu respon tidak spesifik akibat adanya kerusakan jaringan
  2. Interferon. Interferon adalah suatu kelompok protein tidak spesifik yang fungsi utamanya adalah melawan infeksi virus.
  3. Natural killer cells. Sel NK adalah suatu sel seperti limfosit yang secara spontan menghancurkan sel yang terinfeksi virus atau sel kanker.
  4. Sistem komplemen. Komplemen adalah suatu kelompok protein plasma yang bila teraktifasi akan mengakibatkan keruasakan sel asing dengan menyerang membran plasma sel tersebut.
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Rating: +1 (from 1 vote)
Sistem Imunitas Alami Manusia, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Close

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vistanaya Ocha On Air